Ada Apa Dengan Uang



 Ada Apa Dengan Uang ???

 http://bagiilmunei.blogspot.co.id/2017/06/ada-apa-dengan-uang.html 
UANG - Siapa sih yang gak pengen punya UANG? Di peradaban modern ini, uang memang memiliki peran yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Uang, uang lagi-lagi uang itu kata nyanyian. UANG bisa jadi motif paling logis yang digunakan untuk menggerakkan manusia. Ya, jadi orang kaya yang punya banyak uang pastilah bisa membuatmu senang. Kamu bisa membeli barang-barang yang kamu suka tanpa perlu banyak perhitungan sebelumnya. Tapi siapa yang masih percaya bahwa uang mampu membeli segalanya? Semoga tidak ada, karena di dunia ini ada hal-hal yang sangat berharga, yang tak ternilai harganya dan tak bisa dibeli dengan berapa banyak uang yang kamu punya.
Dewasa ini kehidupan manusia bisa dibilang tidak bisa lepas dari kebutuhan akan UANG. Meskipun uang hanyalah lembaran kertas dan koin, tapi setiap orang mau bekerja dan sebagian rela melakukan apapun demi untuk mendapatkannya. Istilah seperti: ‘Ada uang Abang disayang’, ‘tak ada uang Abang ditendang’, ‘Hampir semua di dunia ini bisa dibeli dengan uang’, dan ‘Mabok duit (uang)’ adalah contoh betapa besar peranan uang buat manusia.
Perlu kita ketahui apa itu UANG, dan ADA APA DENGAN UANG ? Janganlah anda sok tidak butuh dengan uang karena dengan ada uang hamper semua bisa ada, tapi janganlah anda diperbudak oleh uang karena uang anda bisa tersesat. Uang bukan segalanya. Tapi, di dunia ini, hampir segalanya membutuhkan uang. Oleh karena itu wajarlah jika orang-orang sibuk mencari dan mengejar uang setiap hari, siang dan malam. Sungguhpun begitu, kita patut bertanya pada diri sendiri: sampai kapan kita akan terus mencari dan mengejar uang? Tapi jangan juga diam menunggu uang atau rezeki karena orang yang diam tanpa berusaha mereka tidak akan dapat apa-apa. “Man Jadda Wa Jadda” pernah dengar ini tidak sebelumnya ? Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka pasti akan mendapatkannya. Saya ingatkan kembali, rezeki kamu itu sudah diatur sama Allah SWT. Kamu mau ambil atau enggak, iya itu urusan kamu sendiri. Jika kamu bekerja keras, hasil yang kamu dapat pasti lebih besar. Sebaliknya, jika kamu bermalas-malasan maka hasil yang kamu dapat pastinya lebih sedikit. Dan Allah SWT tidak memandang dia itu muslim atau kafir. Sesuai Firman Allah dalam surat An-Najm ayat 39 yang artinya: “Tidaklah manusia mendapat apa-apa kecuali apa yang telah dikerjakannya.” (QS. An-Najm: 39).

Uang adalah segala sesuatu yang dapat diterima oleh masyarakat umum sebagai alat tukar menukar dalam perekonomian. Yang dapat dipakai untuk melakukan pembayaran baik barang, jasa, maupun hutang baik sekarang maupun di kemudian hari. Uang logam dan emas juga disebut sebagai uang penuh (full bodied money) Artinya, nilai intrinsiknya (nilai bahan) uang sama dengan nilai nominalnya.

Fungsi uang dibagi menjadi dua macam, yaitu fungsi asli dan fungsi turunan.
Fungsi Asli / Fungsi Primer
Fungsi asli uang menunjukkan fungsi yang mula-mula melekat pada uang atau fungsi yang mengacu pada tujuan awal diciptakannya uang.
1.        Sebagai alat tukar umum (medium of exchange), yaitu uang berfungsi sebagai alat untuk pertukaran dan mengatasi kesulitan dalam pertukaran secara natura (barter).
2.        Sebagai satuan hitung (unit of account), yaitu uang berfungsi untuk menentukan nilai dari suatu barang atau jasa, serta untuk menentukan besarnya harga.
Fungsi Turunan atau Fungsi Sekunder
1.        Sebagai alat pembayaran (means of payment), uang berfungsi untuk melakukan pembayaran berbagai transaksi, misal pembayaran pajak, iuran, dan sebagainya.
2.        Sebagai pembayaran utang (standard of deferred payment), uang berfungsi untuk melakukan dan menentukan pembayaran kewajiban atau digunakan untuk standar pembayaran utang.
3.        Penimbun kekayaan artinya uang dapat disimpan telebih dahulu, yang nantinya akan mempermudah dalam pertukaran di masa mendatang.
4.        Sebagai alat pembentukan modal dan pemindahan modal (transfer of value), yaitu uang berfungsi untuk menambah atau memperbesar modal usaha, baik dipergunakan sendiri maupun dipinjamkan kepada orang lain yang membutuhkan modal tersebut.
5.        Sebagai ukuran harga atau pengukur nilai (standard of value), yaitu uang berfungsi sebagai alat untuk menentukan harga barang atau jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.
6.        Satuan hitung (unit of accounting): uang dapat memberikan harga suatu komoditas maka nilai suatu barang dapat diukur dan dibandingkan.
7.        Alat transaksi (medium of exchange): sebagai alat tukar yang harus diterima karena jaminan kepercayaan.
8.        Penyimpan nilai (store of value): dikaitkan dengan kemampuan uang menyimpan hasil transaksi untuk mengalihkan daya beli dari masa sekarang-mendatang.

Sampai saat ini, banyak sekali penelitian yang mengatakan bahwa uang memiliki konsep yang menarik walaupun cukup aneh. Alasannya adalah ketika anda belum memiliki uang yang banyak, anda bekerja sekeras mungkin untuk menddapatkannya sampai lupa waktu. Dan ketika anda sudah mendapatkan uang yang banyak malah menggunakan benda tersebut sebagai kekuatan.
Akan tetapi sampai sekarang, memang sulit sekali untuk mendefinisikan uang sebagai apa, kekuatan atau apapun. Karena setiap orang mempunyai pengertian uang yang berbeda-beda. Walaupun begitu, ternyata uang sangat berpengaruh terhadap sifat seseorang. Sebagian orang menganggap bahwa uang adalah segalanya dan merupakan kebutuhan pokok yang harus dimiliki untuk keberllangsungan hidup. Sebagian lagi malah sudah mempunyai uang banyak  akan tetapi mereka menghilangkan hatinya. Ada juga yang bisa mewujudkan impiannya karena mempunyai uang yang banyak. Yang lebih parah lagi, ada yang dengan punya banyak uang, mereka sewenang-wenang dengan orang lain. Seakan-akan mereka adalah raja di kerajaan besar. Mereka juga yang tidak mempunyai uang akan merasa tidak punya harga diri karena selalu ditindas oleh orang-orang beruang.

Uang Sebagai Sesuatu Kebutuhan Manusia
Walaupun tak bisa membeli semuanya, akan tetapi uang merupakan salah satu bagian terpenting untuk bertahan hidup. Baik bagi masyarakat yang hidup di pedesaan, maupun di perkotaan besar. Kemewahan dan kenyamanan hidup hanya bisa datang saat Anda memiliki uang lebih banyak. Apalagi sekarang  hampir setiap orang mendambakan pakaian yang sedang ngetren, rumah besar hingga mobil mahal. Oleh karena itu, uang menjadi salah satu kebutuhan dalam kehidupan manusia yang harus dipenuhi.

Karena Uang Membuat Orang Kehilangan Kendali
Mudah sekali untuk kehilangan kontrol kapanpun dan di manapun saat uang menjadi pokok pembicaraan dalam sebuah forum baik kecil maupun forum besar. Beberapa  faktor seperti keinginan untuk bertahan dan hidup enak juga dapat membuat seseorang berada di luar kendali ketika mempunyai uang banyak.
Naluri kemanusiaan mudah sekali hilang dan menjadi orang yang mementingkan diri sendiri. Mereka menghambur-hamburkan uang hanya karena memenuhi gengsi dan keinginan saja. Mereka tidak pernah memikirkan bahwa ada banyak sekali oranng yang susah payah mendapatkan uang hanya untuk bisa bertahan hidup.

Karena Uang Mimpi Bisa Terwujud
Bagi anda yang bermimpi memiliki banyak uang dan kekuasaan hanya perlu menyadari satu hal, yaitu ketika anda bisa menghasilkan uang banyak karena anda sudah menghabiskan banyak uang. Demi mencapai sejumlah tujuan anda, Anda juga dituntut untuk menggelontorkan sejumlah uang untuk itu.

Uang Dapat Memperbudak Manusia
Sangat mudah sekali bagi manusia untuk diperbudak uang khususnya saat kemewahan dan kenyamanan banyak disuguhkan. Anda harus berhat-hati dan jangan bersikap konsumtif. Karena akan menjebak Anda. Karena itulah mengapa Anda harus mengendalikan diri anda saat anda memiliki banyak uang.

Uang dan Harga Diri Bisa Jadi Pilihan yang Amat Sulit
Beberapa orang kaya akan berkata bahwa ada hubungan yang erat antara uang dan harga diri seorang manusia. Memiliki kedua hal itu sekaligus di waktu bersamaan memang merupakan hal yang sulit. akan tetapi, perlu anda sadari bahwa memiliki banyak uang dapat memberikan kekuatan pribadi pada diri anda. Walaupun seperti itu, apabila uang Anda tidak banyak, anda masih bisa bahagia karena anda masih mempunyai harga diri yang tinggi.

Yuk kita Kembali lagi pada esensinya, bahwa uang hanyalah alat yang diciptakan manusia untuk memudahkan tukar-menukar. Di tangan yang satu, uang bisa digunakan untuk membangun. Tapi di tangan yang lain, uang bisa dijadikan alat untuk menguasai. Yang pasti, uang tidak bisa membeli segala hal yang kamu inginkan.
Semoga artikel ada apa dengan uang ini bisa sedikit memberi pencerahan terhadapa kita semua dalam mengamsumsikan uang.. Salam Berbagi

No comments:

Post a Comment

P3K Tahap 3

https://youtu.be/dmcjx-zTSCQ